sch1

Workshop Open Science untuk Meningkatkan Daya Saing Lulusan Teknik Informatika Unila

Pada hari selasa, tepatnya tanggal 11 Oktober 2016 telah diadakan kuliah umum yang bertemakan “Workshop Open Science untuk Meningkatkan Daya Saing Lulusan Teknik Informatika” di Auditorium Lantai 3 UPT Perpustakan Universitas Lampung, Jl. Prof. Dr. Soemantri Brodjonegoro 1, Bandar Lampung. Acara kuliah umum ini di narasumberi oleh Hendy Irawan, S.T, M.T, beliau adalah Alumni Sekolah Tinggi Elektro & Informatika (STEI) – Institut Teknologi Bandung (ITB) sekaligus pemenang Google Summer Of Code 2015. Acara tersebut sukses dilaksanakan sejak pukul 10.30 WIB – 16.00 WIB.

4 3 2 1

Acara yang dihadiri oleh kurang lebih 90 Mahasiswa yang berasal dari Program Studi Teknik Informatika (PSTI) Universitas Lampung angkatan 2014, 2015, dan 2016 serta beberapa dosen dari Program Studi Teknik Informatika, diantaranya Dr. Eng. Mardiana, S.T.,M.T., Gigih Forda Nama, S.T.,M.T.I., Dr. Dikpride Despa, S.T.,M.T., dan juga Meizano Ardhi Muhamad, S.T.,M.T dihadiri dengan antusiasme tinggi dari para peserta kuliah umum tersebut.

Acara tersebut dimoderatori oleh Gigih Forda Nama, S.T.,M.T.I. dan terbagi menjadi 2 sesi, sesi pertama yaitu sesi pemberian materi dan sesi kedua yaitu pelatihan mengenai  cara mendaftar & ikut berkontribusi di dalam beberapa situs kolaborasi project open-source (Seperti Github, Stackoverflow, dsb.) , serta menyelesaikan modul tugas awal untuk memasuki tahap registrasi kompetisi besut kode universitas yang diselenggarakan oleh Wikimedia Indonesia. (link : http://wikimedia-id.github.io/besutkode/university-modules-id.html)

Acara dibuka pukul 10.30 WIB oleh Fitri Pradina selaku MC dan dilanjutkan Doa oleh saudara Zam Zam Ramadhan. Selanjutnya, pemberian sambutan oleh Dr. Eng. Mardiana, S.T.,M.T. selaku perwakilan Kepala Program Studi Teknik Informatika yang kebetulan berhalangan hadir pada kuliah umum di hari tersebut. Lalu, acara diisi oleh narasumber Hendy Irawan, beliau memberikan saran agar mahasiswa selalu aktif dalam memberikan kontribusi di Project Open Source, seperti yang ada di situs GitHub, Stackoverflow, dsb., hal ini dikarenakan dengan memberikan banyak kontribusi bisa membangun profil mereka di dunia Pemrograman Teknologi Informasi dan membuat para Headhunter (Programmer Recruiter yang berasal dari banyak startup dalam bidang Teknologi Informasi) dapat memberikan lebih banyak tawaran job (pekerjaan) kepada mahasiswa Teknik Informatika, sehingga dapat meningkatkan daya saing lulusan Program Studi Teknik Informatika dalam dunia kerja nantinya.

Selanjutnya acara ini dilanjutkan ISHOMA pukul 12.00 WIB dan dilanjutkan kembali pukul 13.30WIB dengan sesi kedua. Pada sesi kedua ini, para audience diberikan pelatihan mengenai Pembuatan Akun Github, memberikan kontribusi kecil di Github, pembuatan Page Site Github, membuat akun di Stackoverflow, berkontribusi di StackOverflow, bagaimana cara mendapatkan badges di Stackoverflow, membuat akun Wikipedia Indonesia, memberikan kontribusi kecil di Wikipedia berbahasa indonesia, membuat akun project euler dan menyelesaikan soal di project euler tersebut menggunakan tools compiler online yaitu repl.it, dimana pelatihan tersebut termasuk langkah-langkah menyelesaikan modul tugas dalam tahap registrasi kompetisi Besut Kode Universitas.

Acara kuliah umum ini selesai pukul 16.00 WIB, dan ditutup oleh moderator dan MC di acara tersebut. Diharapkan kedepannya, mahasiswa Teknik Informatika lebih aktif lagi berkontribusi dalam Project Open Source sehingga akan membuat daya saing yang kuat khususnya dalam dunia kerja nantinya (Reksa).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *