Sistem Pembelajaran

Metode Pembelajaran

Dengan tuntutan adanya kejelasan kompetensi pada lulusan, diperlukan upaya-upaya mewujudkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran.  Pembelajaran yang dimaksud di Program Studi Teknik Informatika Universitas Lampung adalah kegiatan pembelajaran terprogram dalam desain FEE (facilitating, empowering, enabling), sehingga mahasiswa belajar secara aktif.  Pembelajaran dipandang sebagai proses belajar yang dibangun oleh fasilitator untuk mengembangkan kreatifitas berpikir yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir mahasiswa, serta dapat meningkatkan dan mengkonstruksi pengetahuan baru sebagai upaya meningkatkan penguasaan dan pengembangan yang baik terhadap materi perkuliahan. Oleh karena itu, pembelajaran di Program Studi Teknik Informatika  Universitas Lampung cenderung berpusat pada aktivitas belajar mahasiswa, bukan hanya pada aktivitas dosen mengajar.

Dengan berpedoman pada kurikulum berbasis kompetensi, proses pembelajaran di Program Studi Teknik Informatika  Universitas Lampung dilakukan melalui 4 proses, yaitu:

  1. Proses berbagai dan mengolah informasi yang dilakukan melalui kuliah, diskusi,    seminar, studi kasus, praktikum, dan penelitian.
  2. Proses internalisasi yang dilakukan melalui latihan, responsi, tugas pekerjaan rumah, tutorial, diskusi, dan kerja kelompok.
  3. Proses mekanisme balikan (feedback mechanism) yang dilakukan melalui pembahasan internalisasi.
  4. Proses  evaluasi  yang  dilakukan  melalui:
    1. Evaluasi   hasil    pembelajaran, serta
    2. Evaluasi sejawat dan pendapat mahasiswa.

Sistem Pembobotan dan Beban Belajar

Sejalan dengan Peraturan Akademik Universitas Lampung tahun 2004 pada pasal 3, penyelenggaraan pendidikan di Program Studi Teknik Informatika  Universitas Lampung menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS).   Selanjutnya, menurut pasal 10 Peraturan Akademik Universitas Lampung, beban minimum studi mahasiswa untuk program sarjana sebanyak 144 SKS dan maksimum sebanyak 160 SKS, dengan masa studi antara 4 hingga 7 tahun.  Pada pasal 10 juga tercantum bahwa beban studi pada semester I dan II hanya menyangkut matakuliah wajib semester I dan II (18-20 sks) kecuali mereka yang mencapai Indeks Prestasi sama atau di atas 3,00 pada semester I, dapat mengambil kredit 18-24 sks pada semester II.  Selanjutnya beban studi setelah semester II ditentukan oleh keberhasilan studi semester sebelumnya yang dinyatakan dalam Indeks Prestasi.

Jenis dan Ragam Media Pembelajaran

Proses pembelajaran di Universitas Lampung didukung dengan berbagai media pembelajaran meliputi buku ajar, e-learning, multimedia pembelajaran, jurnal ilmiah, jurnal ilmiah internasional online (EBSCO). Khusus untuk teknologi e-learning sudah mulai diterapkan  sejak tahun 2000 dan 2 tahun terakhir sudah terintegrasi dengan aplikasi SIAKAD Online, alamat aplikasi elearning adalah http://kuliah.unila.ac.id/, rekap data mata kuliah yang  terdaftar pada e-learning sebanyak 303 subjek matakuliah. Bahan ajar berupa buku teks tersimpan pada perpustakaan pusat maupun perpustakaan fakultas/jurusan, dimana setiap anggota civitas akademika berhak meminjam buku teks tersebut dengan mengikuti peraturan yang berlaku. Sumber pembelajaran jurnal Informatika nik juga sudah dilanggan pihak Universitas yaitu EBSCO. Sarana prasarana pendukung proses pembelajaran di kelas juga sudah memadai, sebagian besar ruangan kelas sudah dilengkapi dengan fasilitas LCD Projector maupun OHP, dan ruang kelas juga sudah ditunjang fasilitas perangkat access point untuk menfasilitasi aktifitas pembelajaran yang menggunakan koneksi internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *