Selamat atas dilantiknya Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P., Rektor Universitas Lampung Periode 2015-2019

Menristekdikti-Lantik-Prof.-Hasriadi-sebagai-Rektor-Unila-03

Selamat dan Sukses kepada Rektor yang baru, semoga amanah dan membawa Unila

menjadi lebih baik lagi

Menristek-Dikti Muhammad Nasir melantik Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P. di Jakarta, Rabu (25/11/2015). Bersama Hasriadi, juga dilantik Rektor Unsri Anis Saggaff, Rektor Unand Tafdil Husni, dan Direktur Politeknik Ambon MV Putuhena.

Hasriadi menggantikan Prof. Dr. Ir. Sugeng P Harianto, M.S. yang telah menduduki jabatan selama dua periode. Dalam kesempatan itu Menristek mengatakan tantangan Indonesia makin besar dengan adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN dan ASEAN Community. Tantangan tersebut terutama menyangkut kualitas SDM.

Menteri berharap pimpinan perguruan tinggi nampu mengemban tugas memajukan pendidikan tinggi dengan meningkatkan berbagai kualitas SDM baik dosen, mahasiswa maupun penelitian.

Para rektor diminta terus menjalan tugas rutin namun dengan keluar dari kebiasaan (out of box) sehingga dapat mengejar ketertinggala. Untuk maju, kata Menristek, rektor harus memperhatikan dan menjalankan tata kelola manajemen yang baik.

Rektor juga diminta dapat meningkatkan tradisi akademik dengan menjadikan laboratorium sebagai bagian untuk mengekspresikan potensi kemampuan pergutuan tinggi. Hal ini dibuktikan dengan makin banyaknya penelitan dan publikasi yang berkualitas.

Publikasi kita, kata Menristek, masih tertinggal jauh dibanding dengan negara lain. “Tingkatkan terus produktivitas penelitian dan publikasi yang berkualitas, baik melalui joint research maupun riset mandiri,” kata Nasir.

Untuk mendukung itu rektor dapat meningkatkan profesor terbaik dari universiras terbaik dari luar negeri untuk ditularkan di kampus.
Pemerintah mendukung program penelitian sesuai dengan amanat UU, yakni mengalokasikan minimal 30% dana BOPTN untuk penelitian.

Pengembangan iptek untuk menyelesaikann berbagai persoalan bangsa.
Menanggapi hal itu, Rektor Unila Hasriadi mengatakan pihaknya akan melakukan pembenahan baik kurikulum maupun yang lain dengan paradigma yang menyesuaikan apa yang menjadi tantangan MEA.

“Kami akan melakukan identifikasi dan melihat apa saja yang dibutuhkan untuk MEA,’ katanya. Dia yakin Unila siap menghadapi MEE san MES tersebut apalagi secara organisasi dan tim mereka siap. “Kami memiliki tim yang solid,” katanya. [Naufal A. Caya]

Sumber: http://www.unila.ac.id/menristekdikti-lantik-prof-hasriadi-sebagai-rektor-unila/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *