Kompetensi Lulusan Prodi TI

Secara umum, lulusan program studi Teknik Informatika memiliki kemampuan sebagai berikut:

  1. Menguasai dasar-dasar ilmiah dan keterampilan dalam bidang keahlian tertentu sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan, dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada di dalam kawasan keahliannya;
  2. Mampu bersikap dan berperilaku dalam membawakan diri berkarya di bidang keahliannya maupun dalam berkehidupan bersama di masyarakat;
  3. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya sesuai dengan bidang keahliannya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat dengan sikap dan perilaku yang sesuai dengan tata kehidupan bersama;
  4. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau kesenian yang merupakan keahliannya.

Secara teknis, lulusan program studi Teknik Informatika adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki kemampuan analisis dari aspek hardware dan software dari sistem komputer modern.
  2. Memiliki pengetahuan dasar Teknik Informatika yang kuat, termasuk diantaranya pengetahuan tentang teknologi informasi dan pengembangan perangkat lunak.
  3. Memiliki pengetahuan dasar yang kuat dalam bidang ilmu teknik telekomunikasi, teknik mikroprosesor, jaringan komputer dan rekayasa perangkat lunak.
  4. Memiliki pengetahuan dan ketrampilan untuk merancang: embedded processor systems, concurrent systems, jaringan komputer (termasuk merancang sistem keamanan dan sistem pengelolaannya), sistem-sistem berbasis logika fuzzy dan jaringan syaraf tiruan.
  5. Memiliki kemampuan merancang dan mengimplementasikan sistem yang melibatkan integrasi antara perangkat keras dan perangkat lunak.
  6. Memiliki kemampuan melakukan dan mengelola aktivitas-aktivitas pada setiap tahap di pengembangan sistem perangkat lunak berskala besar.

Detail bidang keahlian

Sistem Komputer

Bidang ilmu Sistem Komputer: Arsitektur Komputer, Embedded System, Wearable Devices, Sistem Kognitif, Virtual Reality, Augmented Reality, Keamanan Komputer, Pemodelan Rancangan Network Traffic VLSI, Dependable Computing, Komputasi Performansi Tinggi, Pemrosesan Sinyal Digital, Instrumentasi Robotika, Interaksi Manusia-Komputer, Mekatronika, Antarmuka Manusia-Mesin, Otomasi Industri.

Rekayasa Perangkat Lunak

Bidang ilmu Rekayasa Perangkat Lunak: Mesin Pencari Informasi, Keamanan Multimedia, Artificial Intelligent, Expert System, Fuzzy Logic and Neural Network, Computer Vision, Information Retrieval, Natural Language Processing, Rekayasa Perangkat Lunak (Perangkat Lunak: Daur hidup, Manajemen, Proses Rekayasa, Metode dan Alat Rekayasa), Pemrograman (Metodologi dan Paradigma Pemrograman), Rekayasa Data (Pemodelan Data dan Tingkat Pengetahuan, Praktik Manajemen Informasi (DB), Sistem Manajemen Berbasis Pengetahuan (KBMS), Pencarian Pengetahuan dalam Data).

Teknologi Informasi

Bidang ilmu Teknologi Informasi: Pervasive Computing, Cloud Computing, Jaringan Komputer, Sistem Stokastik, Teori Informasi, Sistem Cerdas, Tata Kelola TI, Teknologi Komunikasi Optik, Mobile Computing, Next Generation Network (NGN), Next Generation Media, Sistem Komputer Terdistribusi, Keamanan Jaringan Komputer, Proses Bisnis, Komputasi Paralel dan Terdistribusi, Internet of Things.

One thought on “Kompetensi Lulusan Prodi TI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *