Rektor Buka Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat‏

(Unila) : Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Ir. Sugeng P. Harianto, M.S., membuka Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, Rabu (18/6). Kegiatan yang berlangsung di lantai IV gedung rektorat Unila ini dihadiri Ketua Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPKM) Dr. Supomo Kandar, M.S., Ketua Lembaga Penelitian Dr. Eng. Admi Syarif, juga para dosen yang tergabung dalam program tersebut.

Dalam laporannya Supomo mengatakan, terdapat 245 judul proposal yang diterima LPKM dalam program pengabdian kepada masyarakat yang didanai tahun 2013 ini. Akan tetapi yang sudah memenuhi kriteria baru 66 judul di antaranya. Jumlah tersebut terbagi atas program pengabdian kelompok IPA dan IPS.

“Sebetulnya yang masuk ke LPM ada 200-an proposal, tapi yang memenuhi kriteria baru 60-an judul. Terdiri dari dosen yang telah melakukan pengabdian pada tahun 2013, baik yang didanai oleh DIPA Unila maupun dana yang berasal dari APBN,” ujarnya.

Secara teknis 66 judul proposal program pengabdian yang dipresentasikan akan direview oleh 12 orang pembahas. Reviewer bertugas untuk menentukan layak tidaknya materi pengabdian dipublikaskan dalam jurnal. Tim reviewer terdiri dari para dosen yang telah melakukan pengabdian dan diketuai langsung Prof. Warsito, S.Si., DEA., Ph.D. Masing-masing peserta melakukan presentasi yang terbagi dalam 11 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 6 pengabdi.

Menurut supomo, seminar hasil yang didanai tahun 2013 ini akan digelar selama tiga hari berturut-turut mulai 18 hingga 20 Juni. Tujuannya untuk mengevaluasi dan memublikasikan hasil pengabdian agar pengabdian yang dilakukan oleh dosen berkualitas. Selain itu, memberikan manfaat pada masyarakat dalam rangka melaksanakan tri darma perguruan tinggi.

Hasil seminar yang telah direview akan didokumentasikan dalam bentuk jurnal maupun proseding yang nantinya akan dipublikasikan. “Nanti dari hasil reviewer kita akan memilih tiga terbaik yang penilaiannya ditekankan pada perbandingan pada saat presentasi maupun kenyataan di lapangan,” paparnya.

“Dengan hasil pengabdian ini diharapkan selain menjadi dasar untuk bahan evaluasi kegiatan selama tahun 2013, mampu mengubah pola dan perilaku masyarakat yang semula stagnan menjadi bergerak. Mudah-mudahan pengabdian yang akan datang bisa lebih baik lagi. Bukan hanya sekadar mengejar KUM melainkan mengedepankan peran Unila melalui pemberdayaan SDM-nya untuk masyarakat,” ujar rektor saat memberi sambutan sekaligus membuka kegiatan.[]

Sumber: http://www.unila.ac.id/17781/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *