Pascasarjana Tambah Delapan Prodi‏

Unila) : Langkah Pascasarjana Univeristas Lampung (Unila) untuk menambah program studi (Prodi) di tahun 2014 terealiasasi dengan didapuknya delapan prodi untuk program master. Penambahan prodi digulirkan berdasarkan SK Ditjen Dikti Nomor 441/E.E2/DT/2014 Tanggal 18 Juni Tentang Penugasan Penyelenggaraan Penambahan Program Studi.

Direktur Pascasarjana Unila Prof. Dr. Sudjarwo, M.S., mengatakan, penambahan prodi dilakukan setelah pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, memberi mandat kepada Unila untuk menyelenggarakan program-program studi tersebut.

“Antara lain Program Studi Fisika, Program Studi Teknologi Pangan, Program Studi Ilmu Penyuluhan Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Program Studi Keguruan Guru SD, Program Studi Keguruan IPA, Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, dan Program Studi Teknik Mesin,” ujarnya, Jumat (20/6).

Guru Besar FKIP Unila ini menambahkan, Universitas Lampung dinilai memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi. Penambahan prodi ditujukan dalam rangka menyiapkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya di wilayah Lampung dan sekitarnya.

Saat ini, sambung Sudjarwo, Unila tengah melakukan langkah persiapan yang diperlukan, baik secara administratif maupun akademik dengan memperhatikan ketentuan pada Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 Tentang KKNI Khususnya yang berkenaan dengan deskripsi setiap jenjang kualifikasi.

Sebelumnya program pendidikan yang didirikan sejak 1999 ini sudah memiliki 20 program studi yang tersebar di 8 fakultas. Antara lain Magister Ilmu Lingkungan, Magister Manajemen, Magister Ilmu Ekonomi, Magister Ilmu Hukum, Magister Hukum, Magister Teknologi Pendidikan, Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan IPS, Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Selanjutnya Magister Agronomi, Magister Agribisnis, Magister Teknologi Agroindustri, Magister Ilmu Kehutanan, Magister Manajemen Sumber Daya Alam, Magister Teknik, Sipil, Magister Ilmu Pemerintahan, Magister Ilmu Administrasi, Magister Kimia, Magister Biologi, Magister Matematika.[] Inay

Sumber: http://www.unila.ac.id/pascasarjana-tambah-delapan-prodi%e2%80%8f/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *