Mahasiswa Teknik Informatika Mengikuti Kegiatan Charoen Pokphand Best Student Appreciation (CPBSA) Batch 4, 2020, Indonesia – Thailand

Program CPBSA merupakan program apresiasi yang diberikan oleh PT. Charoen Pokphand Indonesia(CPI) khusus kepada mahasiswa tingkat akhir atau dalam masa penyelesaian Tugas Akhir/Skripsi. Terpilih 13 PTN yang dapat mengikuti program CPBSA, salah satunya Universitas Lampung.  Untuk menjadi mahasiswa terpilih dalam program ini terdapat syarat yang harus terpenuhi dan harus mengikuti proses seleksi. Mulai dari seleksi administrasi berupa pengumpulan CV, IPK, Portofolia dan membuat video dengan tema “Why Me?”. Seleksi selanjutnya terdapat Psikotes, LGD, dan Interview.

Dari Universitas Lampung(Unila) terpilih 3 mahasiswa dalam CPBSA Batch IV, yaitu Nima Rohmalia (Teknik Informatika), Anggi Saputra (Teknik Elektro) dan Uta Dwi Yoga (Peternakan), ketiganya mengikuti program ini selama 2 bulan, tanggal 15 Januari pemberangkatan ke Jakarta. Sebelum memulai magang diberikan pembekalan One Day Training – Balanced Score Card untuk mempersiapkan diri sebelum terjun langsung ke dunia lapangan kerja.

image001

Gambar 1. Peserta CPBSA UNILA

image003

image005

Gambar 2. Seluruh Peserta CPBSA dengan Direktur CPI Pulau Jawa

Pada saat pelatihan Balanced Scorecard, Bapak Jemmy Wijaya selaku Direktur CPI Pulau Jawa turut hadir dan memberikan sambutan serta sharing ilmu mengenai kebutuhan pangan di Indonesia, meningkatkan hasil pangan, dan inovasi-inovasi untuk masa mendatang dengan dunia yang lebih berkembang. Mendapatkan pengetahuan mengenai pola integrasi pada Charoen Pokphand Indonesia. Diberikan contoh kasus permasalahan dan peserta diajarkan untuk menangani masalah tersebut dengan mencari solusi-solusi untuk setiap permasalahan. Kami semua peserta CPBSA diberikan waktu untuk bertanya dan berdiskusi langsung dengan beliau.
Selain mendapatkan pelatihan Balanced Scorecard, peserta CPBSA mendapatkan akomodasi dan uang saku selama kegiatan serta trip ke Thailand meliputi kunjungan industry ke CPF Korat, CP Leadership Institute, VICTAM ASIA 2020, Bangkok City Tour, dan lain lain.

image007

image009

Gambar 2. Kelompok dalam Pelatihan Balanced Score Card berasal dari UNS, UNPAD, UNHAS, UNILA, IPB

Setelah mendapat Pelatihan Balance Scorecard, peserta CPBSA Batch IV diberangkatkan ke masing-masing lokasi magang, Nima ditempatkan di PT. Charoen Pokphand Indonesia Feedmill Balaraja pada Divisi Feed Production. Hal pertama yang dilakukan sebelum memulai magang adalah memperkenalkan diri kepada pimpinan dan karyawan-karyawan, setelah itu diajak berkeliling area pabrik mulai dari truk masuk, pengambilan sampel raw material, bio security, ke tempat penyimpanan bahan baku salah satunya gudang curah, area finished good dan pengangukatan barang jadi menggunakan truk ke customer.

image011

Gambar 3. Foto Mahasiswa PSTI bersama Pimpinan dan karyawan CPI Balaraja

Banyak hal baru yang Nima dapatkan pada saat magang di Feedmill Balaraja, terutama bagaimana menghasilkan produk pakan berkualitas tinggi dan berinovasi. Saya juga mempelajari dan melihat langsung proses-proses pembuatan pakan mulai dari proses Intake, Grinding, Mixing, Pelleting, sampai Packing.

image015

image013

Gambar 4. Kunjungan ke Gudang Curah tempat penyimpanan bahan baku seperti SBM, Kedelai, Full fat, dll.

image017

image019

Gambar 5. Kunjungan sampai Lantai 8 atas pabrik untuk mempelajari jalur-jalur produksi

image021

image023

Gambar 6. Bagian proses produksi Packing

Pada proses packing terdapat timbangan dalam mesin tersebut, diantara timbangan tersebut terdapat katup untuk membatasi pakan agar tidak keluar sekaligus. Jika kuantitas pakan telah sesuai dengan yang diatur maka katup atas akan menutup agar pakan tidak masuk lagi dan katup bawah akan membuka untuk mengeluarkan pakan dan masuk ke dalam karung yang telah dipasang oleh pekerja. Selanjutnya akan dijahit dan disalurkan ke area finished good melalui conveyor.

image025

image027

Gambar 7. Mempelajari bahan baku

image029

image031

Gambar 8. Mengunjungi area warehouse dan silo (tempat penyimpanan)

image033

image035

Gambar 9. Mempelajari struktur database production online

Tidak hanya belajar mengenai proses produki pakannya, tetapi disini Nima juga memeplajari struktur database dari production online yang berisi data-data produksi seperti total produksi harian, proses PO, kode pakan, dan alur mesin yang digunakan.

image037

Gambar 10. Diskusi Bersama Manager Produksi

Berdiskusi dengan manager produksi mengenai target produksi yang dihasilkan pada masing-masing mesin dalam sekali proses dan dalam waktu sehari.

image039

Gambar 11. Ikut serta dalam menghadiri presentasi dengan General Manager, dan manager-manager lainnya.

Dalam program CPBSA Batch IV, Nima mendapatkan pengalaman baru, hal baru, pelajaran baru yang belum pernah Nima dapatkan sebelumnya. Pengalaman kerja di dunia industri pakan ternak dan bertemu dengan orang-orang hebat yang menginspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *