Kurikulum Teknik Informatika 2016

PSTI saat ini menyelenggarakan kurikulum 2016 yang telah dibuat dengan melibatkan berbagai pihak agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini dan perkembangan teknologi ke depan. Kurikulum ini juga dibuat dengan merujuk pada peraturan dan pedoman yang berlaku seperti SN Dikti dan KKNI. Kurikulum berbasis kompetensi ini mengembangkan mahasiswa untuk memiliki kemampuan baik secara hard skill maupun soft skill. Dalam kurikulum ini mahasiswa diberi keleluasaan dalam memperluas pengetahuan melalui mata kuliah pilihan yang beragam.

Pembelajaran di PSTI mempersiapkan mahasiswa untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau mengembangkan diri di dunia kerja. Untuk menjamin kualitas perkuliahan, PSTI menggunakan Pedoman Pelaksanaan Perkuliahan Bermutu. Untuk memastikan kesesuain materi pembelajaran dengan tujuan mata kuliah, kegiatan pembelajaran dimonitoring dan dievaluasi oleh teman sejawat dan juga para mahasiswa.

Strategi pembelajaran di PSTI menekankan pada active learning dan student-centered learning. Penggunaan teknologi informasi seperti e-learning juga penggunaan media social lain diintensifkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pembelajaran, serta mempermudah komunikasi dan diskusi.

 

Mata kuliah yang diberikan pada semester 1 s.d semester 5 menjadi dasar untuk melakukan kajian terhadap bidang ilmu yang disampaikan pada Bahan Kajian. Secara spesifik mata kuliah yang berkaitan dengan masing-masing bidang keahlian dibahas lebih rinci di bagian berikut.

Sistem Komputer

Keahlian Sistem Komputer di bidang Arsitektur Komputer, Embedded System, Wearable Devices, Sistem Kognitif, Virtual Reality, Augmented Reality, Keamanan Komputer, Pemodelan Rancangan Network Traffic VLSI, Dependable Computing, Komputasi Performansi Tinggi, Pemrosesan Sinyal Digital, Instrumentasi Robotika, Interaksi Manusia-Komputer, Mekatronika, Antarmuka Manusia-Mesin, Otomasi Industri berkaitan dengan mata kuliah pada Tabel.

Rekayasa Perangkat Lunak

Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di bidang Mesin Pencari Informasi, Keamanan Multimedia, Artificial Intelligent, Expert System, Fuzzy Logic and Neural Network, Computer Vision, Information Retrieval, Natural Language Processing, Rekayasa Perangkat Lunak (Perangkat Lunak: Daur hidup, Manajemen, Proses Rekayasa, Metode dan Alat Rekayasa), Pemrograman (Metodologi dan Paradigma Pemrograman), Rekayasa Data (Pemodelan Data dan Tingkat Pengetahuan, Praktik Manajemen Informasi (DB), Sistem Manajemen Berbasis Pengetahuan (KBMS), Pencarian Pengetahuan dalam Data)berkaitan dengan mata kuliah pada Tabel.

Teknologi Informasi

Keahlian Teknologi Informasi di bidang Pervasive Computing, Cloud Computing, Jaringan Komputer, Sistem Stokastik, Teori Informasi, Sistem Cerdas, Tata Kelola TI, Teknologi Komunikasi Optik, Mobile Computing, Next Generation Network (NGN), Next Generation Media, Sistem Komputer Terdistribusi, Keamanan Jaringan Komputer, Proses Bisnis, Komputasi Paralel dan Terdistribusi, Internet of Things berkaitan dengan mata kuliah pada Tabel.
Susunan Mata Kuliah per Semester

Program studi S1 Teknik Informatika membagi mata kuliah dalam 8 semester, dengan pemilihan keahlian mulai dari semester 6. Program studi teknik Informatika memiliki 3 bidang keahlian, yaitu Sistem Komputer, Rekayasa Perangkat Lunak, dan Teknologi Informasi. Susunan mata kuliah per semester dapat dilihat pada Tabel.

Tabel. Kurikulum Program Studi S1 Teknik Informatika Universitas Lampung

NO KODE NAMA MK SKS SIFAT SMT
1 UNI616106 PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA 2 WAJIB 1
2 UNI616112 PENDIDIKAN PANCASILA 2 WAJIB 1
3 INF616107 DASAR ELEKTRONIKA 2 WAJIB 1
4 INF616106 KALKULUS 2 WAJIB 1
5 INF616105 ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 3 WAJIB 1
6 INF616104 PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI 3 WAJIB 1
7 INF616103 FISIKA DASAR 2 WAJIB 1
8 UNI617109 PENDIDIKAN ETIKA DAN KEARIFAN LOKAL 2 WAJIB 1
9 INF616101 PENGETAHUAN LINGKUNGAN 2 WAJIB 1
10 INF616102 TEKNIK DIGITAL 3 WAJIB 1
11 UNI617108 PENDIDIKAN PANCASILA 2 WAJIB 1
12 UNI616107 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN 2 WAJIB 2
13 INF616108 PROBABILITAS DAN STATISTIK 3 WAJIB 2
14 INF616100 SISTEM INFORMASI 3 WAJIB 2
15 INF617108 BAHASA INGGRIS 3 WAJIB 2
16 UNI616101 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 3 WAJIB 2
17 INF616110 STRUKTUR DATA 3 WAJIB 2
18 INF617110 LOGIKA 2 WAJIB 2
19 INF616111 PRAKTIKUM FISIKA DASAR 1 WAJIB 2
20 INF616112 PRAKTIKUM ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 1 WAJIB 2
21 INF616214 MATEMATIKA DISKRIT 3 WAJIB 3
22 INF616213 INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER 3 WAJIB 3
23 INF616215 ANTARMUKA DAN PERIPHERAL 3 WAJIB 3
24 INF616216 KECERDASAN BUATAN 3 WAJIB 3
25 INF616217 REKAYASA PERANGKAT LUNAK 3 WAJIB 3
26 INF616218 SISTEM OPERASI 4 WAJIB 3
27 INF616219 PRAKTIKUM DASAR ELEKTRONIKA 1 WAJIB 3
28 INF616220 PRAKTIKUM STRUKTUR DATA 1 WAJIB 3
29 INF616227 PRAKTIKUM EMBEDDED SYSTEM 1 WAJIB 4
30 INF616226 PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK 4 WAJIB 4
31 INF616225 TEORI BAHASA DAN AUTOMATA 3 WAJIB 4
32 INF616224 SISTEM BASIS DATA 3 WAJIB 4
33 INF616223 EMBEDDED SYSTEM 3 WAJIB 4
34 INF616222 JARINGAN KOMPUTER 3 WAJIB 4
35 INF616221 ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER 3 WAJIB 4
36 INF616228 PRAKTIKUM REKAYASA PERANGKAT LUNAK 1 WAJIB 4
37 INF616330 ETIKA PROFESI 2 WAJIB 5
38 INF616329 MANAJEMEN PROYEK TEKNOLOGI INFORMASI 3 WAJIB 5
39 INF616331 PEMROGRAMAN WEB 3 WAJIB 5
40 INF616351 JARINGAN KOMPUTER ENTERPRISE 2 PILIHAN BEBAS 5
41 INF616332 SISTEM PARALEL DAN TERDISTRIBUSI 2 WAJIB 5
42 INF616333 KEAMANAN SISTEM INFORMASI 3 WAJIB 5
43 INF616334 PENGOLAHAN CITRA 2 WAJIB 5
44 INF616335 TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI 2 WAJIB 5
45 INF616336 PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER 1 WAJIB 5
46 INF616337 PRAKTIKUM SISTEM BASIS DATA 1 WAJIB 5
47 INF616338 EKONOMI TEKNIK 2 WAJIB 5
48 INF616459 SISTEM PAKAR 2 PILIHAN BEBAS 6
49 INF616341 MOBILE COMPUTING 3 WAJIB 6
50 INF616342 SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS 3 WAJIB 6
51 INF616343 PRAKTIKUM PEMROGRAMAN WEB 1 WAJIB 6
52 INF616344 PRAKTIKUM KEAMANAN SISTEM INFORMASI 1 WAJIB 6
53 INF616345 PRAKTEK KERJA LAPANGAN 3 WAJIB 6
54 INF616339 METODOLOGI PENELITIAN 2 WAJIB 6
55 UNI616201 KEWIRAUSAHAAN 3 WAJIB 6
56 INF616452 JARINGAN SYARAF TIRUAN 2 PILIHAN BEBAS 6
57 INF616453 INTERNET OF THINGS 2 PILIHAN BEBAS 6
58 INF616455 COMPUTER VISION 2 PILIHAN BEBAS 6
59 INF616456 E-BUSINESS 2 PILIHAN BEBAS 6
60 INF616457 USER EXPERIENCE 2 PILIHAN BEBAS 6
61 INF616458 AUGMENTED REALITY 2 PILIHAN BEBAS 6
62 INF616460 SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN 2 WAJIB 6
63 INF616461 PENGINDERAAN JAUH 2 PILIHAN BEBAS 6
64 INF616462 KOMPUTASI AWAN 2 PILIHAN BEBAS 6
65 INF616463 SEMANTIK WEB 2 PILIHAN BEBAS 6
66 INF617242 KEWIRAUSAHAAN 3 WAJIB 6
67 INF616446 KAPITA SELEKTA 2 WAJIB 7
68 INF616350 PEMROGRAMAN FUNGSIONAL 2 PILIHAN BEBAS 7
69 INF616347 HUKUM CYBER DAN KEKAYAAN INTELEKTUAL 2 PILIHAN BEBAS 7
70 INF616447 PROYEK TEKNOLOGI INFORMASI 3 WAJIB 7
71 UNI617401 KULIAH KERJA NYATA 3 WAJIB 7
72 UNI616407 KKN TEMATIK 3 WAJIB 7
73 INF616346 DATA MINING 2 PILIHAN BEBAS 7
74 INF616348 AUGMENTED DAN VIRTUAL REALITY 2 PILIHAN BEBAS 7
75 INF616349 VIRTUALISASI DAN CLOUD COMPUTING 2 PILIHAN BEBAS 7
76 INF616450 SEMINAR HASIL 1 WAJIB 8
77 INF616449 SEMINAR USUL 1 WAJIB 8
78 INF616451 SKRIPSI 4 WAJIB 8