Kunjungan Kerja SMK Negeri 1 Palembang ke Program Studi S1 Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Lampung

Bandarlampung, 21 Januari 2022, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Lampung, Dr. Eng. Ageng Sadnowo R., S.T., M.T., mewakili Dekan Fakultas Teknik, Dr. Eng. Helmy Fitriawan, menyambut kunjungan tim SMK Negeri 1 Palembang yang dipimpin oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Palembang, H. Suparman, S.Pd, M.Si, dalam rangka Kunjungan Kerja Bidang Kurikulum dan Humas SMKN1 Palembang.

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Palembang, H. Suparman, S.Pd, M.Si, mengucapkan terimakasih telah disambut dengan baik oleh Fakultas Teknik Universitas Lampung. Tujuan dari SMKN 1 Palembang berkunjung ke Program Studi S1 Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro adalah untuk mempelajari kurikulum yang kredibel terkait dengan jurusan Teknik Komputer & Jaringan di SMK. Tim Kunjungan Kerja mengajak 60 guru dari jurusan Teknik Komputer & Jaringan, Broadcasting, AKL, OTKP, dan Marketing & Pemasaran.

Kunjungan SMKN1 Palembang ke TI

Dr. Eng. Ageng Sadnowo R., S.T., M.T. mengutarakan bahwa kita masuk di era bahwa pembelajaran mandiri menjadi fokus sehingga bermunculan talenta-talenda otodidak. Ada risiko bahwa lembaga pendidikan tidak menghasilkan kualitas yang sama untuk bersaing dengan para talenta tersebut. Dengan adanya studi banding, seharusnya kurikulum yang disusun memiliki nilai yang tinggi sehingga dapat bersaing di dunia kerja. Kita harus mampu memetakan perubahan zaman, terutama sains dan teknologi agar memiliki lulusan yang profesional dan mampu berkiprah di industri.

Kepala Program Studi Teknik Informatika, Mona Arif Muda Batubara, S.T., M.T., menyatakan visi ICT in Agriculture yang dimiliki Prodi S1 Teknik Informatika bertujuan untuk menjawab kebutuhan pertanian di Indonesia, khususnya provinsi Lampung. Sebagai salah satu program studi yang berada di bawah Jurusan Teknik Elektro, S1 Teknik Informatika memiliki tenaga dosen sejumlah 16 orang, yaitu: Dr. Eng. Mardiana, M.T., M. Komarudin, M.T., R. Arum Setia Priadi, S.Si, M.T., Wahyu Eko Sulistiono, M.Sc., Mona Arif Muda Batubara, S.T., M.T., Yessi Mulyani, S.T., M.T., Ir. Gigih Forda Nama, S.T., M.T.I., .I.P.M, Ing. Hery Dian Septama, S.T., Ir. Meizano Ardhi Muhammad, S.T., M.T., Titin Yulianti, S.T., M.Eng., Puput Budi Wintoro, S. Kom, M.T.I, Deny Budiyanto, S.Kom, M.T., Resty Annisa, S.ST., M.Kom, Mahendra Pratama, S.T., M.Eng., Ir. Trisya Septiana, ST.,MT., I.P.M., dan Rio Ariestia Pradipta, S.Kom.,M.T.I.. Program Studi S1 Teknik Informatika merupakan peringkat tiga besar Universitas Lampung yang memiliki daya tampung 160 mahasiswa per tahun.

  • WD3 FT dengan Kajur SMKN1
    WD3 FT dengan Kajur SMKN1
    Foto bersama jajaran Ketua Jurusan SMKN 1 Palembang bersama Wakil Dekan 3 Fakultas Teknik dan Ketua Program Studi Teknik Informatika Universitas Lampung
  • WD3 FT dengan Komite SMKN1
    WD3 FT dengan Komite SMKN1
    Foto bersama jajaran Komite SMKN 1 Palembang bersama Wakil Dekan 3 Fakultas Teknik dan Ketua Program Studi Teknik Informatika Universitas Lampung
  • Pemaparan Kepsek SMKN1 Palembang, WD3 FT Unila dan Kaprodi PSTI Unila
    Pemaparan Kepsek SMKN1 Palembang, WD3 FT Unila dan Kaprodi PSTI Unila
    Sambutan serta Pemaparan oleh Kepsek SMKN1 Palembang, WD3 FT Unila dan Kaprodi PSTI Unila
  • Foto Bersama
    Foto Bersama
    Foto bersama seluruh tamu dari SMKN 1 Palembang bersama para Dosen PSTI Unila
  • Guru dan Pegawai SMKN 1 Palembang
    Guru dan Pegawai SMKN 1 Palembang
    Guru dan Pegawai SMKN 1 Palembang berkunjung ke Program Studi Teknik Informatika Unila

Selain itu, pemaparan mengenai hasil riset disampaikan oleh Ir. Meizano Ardhi Muhammad, S.T., M.T. yang membahas tentang pemanfaatan Virtual Reality dalam melakukan diseminasi Warisan Sejarah Lampung. Hal tersebut merupakan bagian dari usaha untuk menjawab tantangan masa depan digital Indonesia.

Dalam sesi tanya jawab, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Eng. Ageng Sadnowo R, S.T., M.T., mengingatkan bahwa kunci untuk menghasilkan SDM yang kompeten adalah mengajarkan kepada para siswa untuk selalu belajar dan meningkatkan kemampuan secara mandiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *