news (1)

Kuliah Umum Peran CERT dan Penanganan Insiden Keamanan Informasi

Program Studi  Teknik Informatika bekerjasama dengan Alumni Teknik Elektro Unila (Altronila), menyelenggarakan Kuliah Umum dengan Pemateri Ahmad Alkazimy (Manager ID-CERT Indonesia), tema kuliah umum adalah “Peran CERT dan Penanganan Insiden Keamanan Informasi”. Diselenggarakan pada hari Kamis, 22 Desember 2016, Pukul 09.00- 12.00 WIB, bertempat di Aula Dekanat Fakultas Teknik Unila. Kegiatan kuliah umum ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Teknik Prof. Suharno, dan dihadiri oleh Wakil Dekan II, Wakil Dekan I, Ketua Program Studi Teknik Informatika (PSTI), Dosen PSTI, dan mahasiswa PSTI, bertindak sebagai moderator adalah Gigih Forda Nama, S.T., M.T.I.

Dalam pemaparannya, Ahmad Alkazimy menjelaskan sejarah terbentuknya Computer Emergency Response Team (CERT) Indonesia, yang dimulai pada 01 Desember 1998 sebagai respon terhadap kebutuhan pelaporan masalah security yang terkait dengan internet Indonesia, organisasi CERT sendiri  bersifat voluntir (come and go), memiliki domain dan situs web, pendiri forum regional APCERT (Asia Pacific Computer Emergency Response Team)  pada 2001-2003, dengan status Full Member; Kontak Utama untuk Indonesia (PoC) di APCERT Indonesia.

laporan cert

Lebih lanjut dalam pemaparannya, Direktur ID-CERT menyampaikan bahwa total aduan tertinggi terhadap insiden keamanan di Indonesia diduduki oleh sektor HAKI, aduan rata rata didominasi oleh penyalah gunaan copyright content, ID-CERT sudah memfollow up insiden ini dan berkoordinasi dengan pihak terkait dalam dalam percepatan penyelesaian masalah.

Pada sesi terakhir Yessi Mulyani S.T., M.T., selaku Ka. Prodi PSTI mengucapkan ungkapan terima kasih atas kehadiran nara sumber kuliah umum, dan menyampaikan bahwa kegiatan serupa akan sering digelar pada tahun 2017 dalam rangka meningkatkan kualitas akademik PSTI, sekaligus menutup kegiatan ini secara resmi.

Materi lengkap presentasi dapat didownload pada url berikut

Altronila-resize

Dokumentasi Foto Kegiatan

1 2 3 4 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *