FKIP Unila Lepas 1038 Mahasiswa Peserta KKN-KT

(UNILA): Serah terima mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Kependidikan Terintegrasi (KKN-KT) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung dari Rektor Universitas Lampung kepada Bupati Tanggamus, Lampung Barat dan Pesisir Barat pada hari ini di gedung serba guna Unila (19/6).

KKN-KT Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Universitas Lampung (FKIP Unila) Tahun 2014 mengangkat tema Belajar dan Mengabdi dan dilaksanakan selama dua bulan setengah.

Acara yang dimulai pada pukul 11.00 WIB ini dibuka langsung oleh Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Sugeng P. Harianto, M.S. dan dihadiri Dekan FKIP Unila, Wakil Bupati Tanggamus H. Samsul Hadi SPdi., MPdi dan Asisten Satu Lampung Barat Drs. Adi Utama serta Kepala Dinas Pendidikan Pesisir Barat Drs. Gunawan M. Si.

Dalam laporannya Dekan FKIP Unila Dr. Hi. Bujang Rahman, M. Si mengatakan jumlah keseluruhan peserta KKN-KT 1038 orang peserta yang terdiri dari Lampung Barat 285 orang mahasiswa yang dibagi dalam 6 Kecamatan 27 Pekon 34 sekolah dan 6 orang dosen pembimbing lapangan dan di Pesisir Barat terdiri dari 393 orang mahasiswa yang dibagi dalam 8 Kecamatan 36 Pekon 46 Sekolah dan 8 dosen pembimbing lapangan sedangkan untuk Tanggamus terdiri dari 360 orang mahasiswa dibagi dalam 12 Kecamatan 36 Pekon 36 Sekolah dan 12 dosen pembimbing lapangan.

Selanjutnya Bujang menjelaskan bahwa pada KKN-KT ini, ada dua mata kuliah yang diselenggarakan bersamaan, yaitu mata kuliah KKN 3 SKS dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) 4 SKS. Dalam pelaksanaannya, harus ada kerjasama dari pemerintah kabupaten, kecamatan, dan desa sehingga mahasiswa dapat maksimal mengimplementasikan pengabdiannya di daerah serta sekolah lokasi PPL.

Bujang menambahkan, pelaksanaan KKN-KT sendiri untuk Kabupaten Lampung Barat berlangsung dari tanggal 2 Juli-18 September 2014 dan untuk Kabupaten Tanggamus dan Pesisir Barat berlangsung dari tanggal 1 Juli – 17 September 2014.

Rektor Unila dalam sambutannya KKN-KT merupakan bentuk pembuktian diri bahwa FKIP Unila mampu menjalankan bentuk pengabdian terjun langsung ke masyarakat secara mandiri. Semoga dengan KKN-KT ini mahasiswa dapat menambah pengetahuan mereka sebelum benar-benar terjun ke masyarakat dan dapat menerapkan teori yang diterima di bangku kuliah. (Daniar)

Sumber: http://www.unila.ac.id/fkip-unila-lepas-1038-mahasiswa-peserta-kkn-kt/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *