Fakultas Teknik Jajaki Kerja Sama dengan Kobe University

(Unila): Fakultas Teknik Universitas Lampung (FT Unila) kemarin telah menyepakati kerja sama internasional dengan Kobe University, Jepang, dalam hal penerapan tridarma perguruan tinggi yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerja Sama FT Unila Dr. Eng. Helmy Fitriawan mengatakan, kerja sama ini meliputi pengiriman dosen, pertukaran mahasiswa dan juga penjajakan kolaborasi riset antara kedua belah pihak.

“Kerja sama ini dihadiri dua profesor dari Kobe University yakni Akio Tomiyama dan Matsuto Ogawa. Diharapkan kerja sama itu memberi manfaat bagi visi Fakultas Teknik Unila menjadi sepuluh besar fakultas terbaik di Indonesia,” ujarnya, kemarin.

Selain fakultas teknik, penjajakan kerja sama dengan Jepang dilakukan fakultas pertanian yang melakukan kerja sama dengan International Student Center Universitas Gifu, Jepang. Sebelumnya FP Unila diundang juga telah menjalin kerja sama dengan konsorsium beberapa universitas di bawah koordinasi graduate school of agriculture science dari Universitas Gifu.

“Sebelumnya sudah ada 12 universitas yang tergabung, ditambah anggota baru seperti Unila, lalu beberapa universtas dari Tiongkok,” papar Dekan Fakultas Pertanian Unila Prof. Dr. Ir. Wan Abbas Zakaria, M.S., di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan, sesama universitas dalam konsorsium Universitas Gifu dapat saling bekerja sama dalam pengembangan kependidikan doktoral (S-3). Dalam kerja sama ini pihak Unila dapat memberikan peluang lanjut studi bagi dosen dan staf ke Jepang atau kampus di berbagai negara yang tergabung dalam konsorsium itu, begitu pula sebaliknya.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *