Danrem Bekali Materi Kepemimpinan Mahasiswa Baru Unila

danrem

BANDAR LAMPUNG — Menjadi seorang pemimpin harus memiliki integritas, dan mendapatkan kepercayaan masyarakat. Jiwa kepemimpinan harus ditumbuhkan, dan dimiliki pemuda khususnya mahasiswa, karena mahasiswa adalah generasi yang akan memimpin bangsa ini kedepan.

Hal tersebut menjadi bagian dari materi dalam kuliah umum yang secara langsung disampaikan Komandan Korem 043 Garuda Hitam Kolonel Inf Joko P Putranto kepada ratusan mahasiswa baru Fakultas Teknik, Universitas Lampung (Unila), Senin (31/8/2015) di kampus setempat.

“Untuk merubah suatu kondisi atau keadaan kelompok, jadilah pemimpin. Akan tetapi jiwa pemimpin harus ditumbuhkan. Seorang pemimpin harus bisa dipimpin terlebih dahulu, untuk kemudian menjadi seorang pemimpin yang baik,” kata Danrem kepada mahasiswa. Dalam kesempatan tersebut, Kolonel Inf Joko P Putranto menyampaikan materi tentang Kedisiplinan, Kepemimpinan, dan Kebersamaan.

Menurut Kolonel Inf .Joko P Putranto, jiwa kepemimpinan tidak sebatas dimonopoli oleh kalangan militer semata. Akan tetapi masyarakat sipil termasuk mahasiswa harus memiliki pengetahuan tentang kepemimpinan. “Seorang pemimpin itu beda dengan komandan yang secara kedudukan ada di militer, tetapi mahasiswa juga bisa menjadi pemimpin di kelompoknya seperti di organisasi kemahasiswaan, dan lainnya,” kata Danrem.

untuk menjadi pemimpin, selama menjadi mahasiswa Kolonel Inf Joko P Putranto menyebut mahasiswa harus aktif berkegiatan. selain itu mahasiswa juga harus membangun integritas personalnya. “Pemimpin itu harus seuai atara, perkataan dengan perbuatan, jadi selama menjadi mahasiswa harus membangun itu semua,” kata Dia.

Usai menyampaikan materinya, Kolonel Inf Joko P Putranto berharap mahasiswa dapat menangkap materi yang disampaikan dan menerapkannya dalam keseharian. “Mereka yang menjadi mahasiswa Unila saya rasa pemuda-pemuda dengan kapasitas intelektual yang baik, saya harap mereka bisa menyerap, karena dari merekalah potensi para pemimpin lahir,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama turut hadir Dekan FT Unila, Suharno dan Wakil Dekan II, Sarkowi. Menurut Sarkowi yang membuka acara kuliah umum hari itu ditunjukan untuk membekali mahasiswa baru dengan materi Kedisiplinan, Kepemimpinan, Kebangsaan dan Kebersamaan. “Kami sengaja mengundang bapak Danrem supaya para mahasiswa baru dapat menerima langsung dari orang yang berkompeten menjelaskan tentang materi tersebut,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut menurut Sarkowi hadir 130 mahasiswa baru dari dua jurusan yakni, Teknik Elektro dan Teknik Informatika. dirinya berharap mahasiswa akan menerapkan materi yang didapat selama masa perkuliahan.

Sumber: http://lampost.co/berita/danrem-bekali-materi-kepemimpinan-mahasiswa-baru-unila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *