3 Mahasiswa Teknik Informatika Berkompetisi di Tingkat Nasional, dan Mendapatkan Beasiswa Pelatihan Digital Talent Scholarship 2018 yang Diselenggarakan Oleh KEMKOMINFO

Digital Talent Scholarship 2018 merupakan program pelatihan intensif selama 40 hari, yang diselenggarakan Kementrian Komunikasi Dan Informatika (KEMKOMINFO) Republik Indonesia, dengan tujuan membekali para talenta muda dengan berbagai kemampuan baik keterampilan teknis (hard skills) maupun non-teknis (soft skills), agar siap dan tangkas beradaptasi di era Revolusi Industri 4.0. Melalui kegiatan ini, Kominfo menargetkan para pesertanya akan menjadi agent of change yang senantiasa berpikir kritis, kreatif, dan inovatif.

Proses pendaftaran telah dimulai sejak tanggal 17 September 2018 s/d 5 Oktober 2018, tercatat total  46.886 pendaftar dari seluruh Indonesia, dari jumlah pendaftar yang sangat banyak tersebut,  hanya 1.000 pendaftar saja yang berhak menerima beasiswa pelatihan Digitalent ini, terdapat 4 bidang keahlian yang tersedia dalam beasiswa ini, yaitu adalah Artificial Intelligence, Big Data Analytics, Cloud Computing dan Cyber-security.

kominfo

Mahasiwa PSTI yang lolos dalam seleksi penerimaan program beasiswa Digitalent ini adalah M. Hafizh Anbiya , Verry Gusti Andrea, dan M. Aziz Al Assad (ketiganya adalah Mahasiswa PSTI angkatan 2015), bidang keahlian yang diambil adalah Cyber-security dengan lokasi pelatihan di Universitas Indonesia. Kuota peserta untuk bidang ini hanya disediakan untuk 125 Orang saja,  dan termasuk bidang yang paling diminati pelamar,  passing grade yang dibutuhkan untuk lolos seleksi adalah harus berhasil mengantongi jawaban yang benar dengan score 80 dari 100 soal yang diberikan.

digitalent

Lokasi penyelenggaraan pelatihan intensif Digitalent bertempat di dua lokasi, yaitu Fakultas Ilmu Komputer dan Departemen Teknik Elektro Universitas Indonesia, dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2018 s/d 7 Desember 2018. Peserta akan mendapatkan sertifikasi dari penyelenggara kegiatan, dan Microsoft terkait bidang keahlian yang diambil. Apabila penerima beasiswa mendapatkan nilai yang sangat memuaskan pada saat pelatihan, maka akan mendapatkan kesempatan beasiswa lanjutan dari Microsoft.

UI

Materi pelatihan Cyber Security, beririsan dengan 3 mata kuliah yang telah diambil oleh ketiga Mahasiswa tersebut, yaitu Tata Kelola Teknologi Informasi, Keamanan Sistem Informasi, dan Jaringan Komputer.

UI2

Materi pelatihan yang di berikan pada saat pelatihan bidang keahlian Cyber-security di Universitas Indonesia terdapat pada silabus berikut ini :

Link Silabus : BUKLET-PESERTA DIGITALENT_20180904102034582

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *